Festival Budaya hingga Pesta Rakyat Meriahkan Hari Jadi Bogor

Mendekati Hari Jadi Bogor (HJB) yang ke 534 th. 2016 ini, beragam elemen membuat acara yang bisa mengundang wisatawan untuk bertamasya ke Bogor.

Lebih dari 27 aktivitas dikerjakan mulai pertengahan bulan Mei sampai bulan Juli.

Tersebut KompasTravel kumpulkan sebagian acara yang sayang bila dilalui untuk menyemarakkan ulang th. Bogor itu.

1. Festival Budaya Nusantara

Beberapa puluh standari beragam daerah di Indonesia juga akan menunjukkan kebudayaan tradisionil seperti tarian, dekorasi tempat tinggal kebiasaan, ataupun kuliner, sampai suvenir semasing daerah. Aktivitas ini diadakan oleh Program Diploma IPB menyongsong Hari Jadi Bogor setiap tahunnya. Th. 2016 ini adalah Festival Budaya Nusantara yang ke-9.

Th. lantas, melibatkan beberapa ratus mahasiswa IPB, mereka menghadirkan budaya dari Aceh, Sumatera Utara, Yogyakarta, Papua, Sulawesi, Jakarta, Bali, Jawa Barat, Kalimantan, Sumatera Selatan, serta NTT.

Aktivitas Itu diadakan pada Sabtu 28 Mei, di Selasar Halaman Kantor Wali Kota Bogor, atau umum dimaksud Plaza Balaikota Bogor.

2. Bogor Fashion and Food Festival

Beragam usaha besar sampai UMKM di bagian boga serta fashion berkumpul di satu tempat. Mengenai UMKM yang ikut serta adalah beberapa produk favorit Bogor, bahkan juga banyak yang telah menjangkau kuota export, seperti olahan talas, serta kerajinan tangan.

Sesaat industri fashion yang turut dan mulai UMKM sampai pelaku bisnis menengah keatas, menghadirkan beragam rancangan bajunya. Seperti batik-batik ciri khas Bogor, baju kebiasaan Sunda di Bogor, sampai butik desainer populer seperti Ivan Gunawan.

Mereka membuat beragam aktivitas seperti pameran, potongan harga menarik, lomba, talkshow, sampai fashion show.

Th. ini diadakan di Mall Botani Square hall lantai satu, mulai tanggal 26 Mei sampai 5 Juni 2016.

3. Istana Untuk Rakyat

Waktunya wisata ke Istana Kepresidenan RI, seperti beberapa th. terlebih dulu mendekati HJB Bogor ini Istana Bogor kembali di buka untuk wisatawan. Anda bisa melihat kemegahan istana yang saat ini jadi rumahnya Presiden Joko Widodo.

Terkecuali wisatawan dapat bertualang melingkari bangunan megah itu, dapat juga melihat histori presiden dari masa ke masa di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, yang tetap dalam satu lingkungan Istana.

Th. ini adalah Istura ke-14 yang diadakan Dinas Kebudayaan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif Kota Bogor. Istura diadakan pada tanggal 24, 25, 26 serta 30, 31 Mei 2016. Untuk Anda yang menginginkan mendaftar bisa berkunjung ke Gedung Kemuning Gading Jalan Ir H Juanda No. 12, Bogor Tengah, atau Dinas Kebudayaan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif Kota Bogor, di Jalan Pandu Raya No. 45, Kel. Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara.

4. Pesta Rakyat

Aktivitas Pesta Rakyat itu adalah syukuran dengan orang-orang Bogor, dengan memakan beragam sajian tradisionil ciri khas Bogor yang disuguhi dengan gratis. Salah satunya laksa, toge goreng, soto mie, soto bogor serta yang lain. Sedang minuman yang disiapkan salah satunya, es doger, es podeng, es durian, sampai es buah.

Acara itu di gelar pada Jumat, 3 Juni 2016 pas pada HJB, mulai jam 09. 00 WIB di Plaza Balaikota Bogor, Jalan Ir H Juanda no 10.

5. Helaran Seni Budaya serta Pawai Mobil Hias

Pawai budaya Bogor yang dibarengi oleh beragam kelurahan di Bogor. Pawai itu juga akan menghidangkan kekhasan serta beragam potensi dari semasing daerah.

Seperti yang diadakan beberapa th. terlebih dulu, pawai budaya itu juga akan di gelar Minggu, 5 Juni 2016, dengan ambil rute Jalan Jenderal Sudirman serta Jalan Jalak Harupat dengan titik finis di Lapangan Sempur, Bogor Tengah.

“Untuk iring-iringannya sama dengan th. lantas, juga akan dimulai oleh tampilan serta persembahan dari sanggar. Baru lalu juga akan dibarengi rombongan pimpinan Muspida yang juga akan menunggang kuda serta disediakannya dua kereta kencana untuk membawa tamu VIP yang lain, ” terang Shahlan Rasyidi, kepala Disbudprekraf Kota Bogor, seperti diambil dari situs resmi Kota Bogor, Jumat (27/5/2016).

Ia juga menjelaskan, kalau pawai budaya th. ini juga gagasannya juga akan melibatkan partisipasi daerah beda. Shahlan mengatakan paling tidak empat daerah telah menyebutkan kepastian tampak dalam helaran ini. Mereka yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, serta Kabupaten Sukabumi.

6. Memeluk Kebun Raya Bogor

Pecahkan Rekor, th. ini sekitaran 3. 000 orang orang-orang Bogor juga akan memeluk Kebun Raya Bogor selama 4 km.. Dari mulai gerbang paling utama di Jalan Otista, lalu dilanjutkan ke Jalan Juanda, Jalan Jalak Harupat, sampai Jalan Pajajaran.

Menurut Wali Kota Bogor, Bima Arya seperti yang diambil dari Pada, aktivitas memeluk kebun raya mempunyai filosofi melindungi, kebun paling besar di Asia Tenggara yang mempunyai peranan jadi paru-paru Kota Bogor sekalian paru-paru dunia.

Bima menyebutkan, juga akan terdapat beberapa inovasi yang dikerjakan pada aktivitas memeluk Kebun Raya Bogor salah satunya menempatkan atribut serta banner melukiskan harapan apa yang juga akan diraih oleh Kota Bogor.

Cukup hubungi http://www.dadijayatenda.com untuk dekorasi pesta yang murah dan berkualitas.